Rabu, 19 Maret 2014

Jangan Klik Video Pesawat Malaysia MH370 Ditemukan di Segitiga Bermuda



Sumur Abar - Sebuah scam (penipuan)malware (software perusak) baru menyebar di Facebook.
Kali ini, para hacker mengambil kesempatan dari kasus hilangnya pesawat MH370 milik Malaysia Airlines untuk membajak akun-akun Facebook.
Pesawat Boeing 777 yang membawa 239 penumpang menghilang secara misterius pada Sabtu (8/3) dalam penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing. Walaupun sebuah pencarian internasional sudah dilakukan untuk pesawat ini, tapi hanya sedikit informasi yang diketahui mengenai apa yang terjadi pada pesawat itu.
Para hacker memanfaatkan rasa penasaran yang dimiliki publik dan mem-spam Facebook dengan posting yang menyamar sebagai berita video bahwa pesawat itu ditemukan di sekitar perairan Segitiga Bermuda. Para hacker menulis seakan-akan video itu berasal dari CNN untuk menambah kepercayaan dan bahkan menampilkan tombol “play” pada posting video palsu itu.
Judul posting soal video ini beragam, beberapa mengklaim bahwa setiap penumpang ditemukan selamat sementara dalam berita palsu lainnya dikatakan hanya 50 orang yang ditemukan selamat, tapi semua berita palsu ini melakukan hal yang sama.
Saat seorang penumpang mengklik video itu, mereka akan dialihkan ke sebuah situs yang mengandung malware untuk melakukan phising yang meminta sang pengguna untuk membagi video itu sebelum dia bisa menontonnya. Hal ini memberikan para hacker akses kepada akun Facebook dan secara otomatis memposting video itu di wall Facebook korban untuk memancing orang lain.
Link-link serupa juga telah dibagi di jejaring sosial lainnya. Tentunya hingga saat ini belum diketahui secara pasti tentang apa yang terjadi pada pesawat dari Malaysia Airlines itu. Sekalipun Anda percaya pada teman Facebook yang membagi sebuah link apapun, Anda tetap harus memverifikasi link itu akan membawa Anda ke mana. Situs yang otentik tidak pernah meminta seorang pengguna untuk berbagi sebuah video sebelum dia bisa menontonnya.
Jika Anda sudah terlanjur mengklik link itu, membaginya atau me-like video itu, segeralah menghapus posting itu dari Wall Anda dan ubah password Facebook Anda. Selain itu, merupakan sebuah hal yang bijaksana untuk mengubah password akun-akun lain yang menggunakan password yang sama dengan akun Facebook Anda.
Sumber: International Business Times
Sumur Abar, 19/3/2014

1 komentar:

Terima kasih ya untuk informasinya, sungguh sangat bermanfaat... Jangan lupa kunjungan baliknya ke website saya

Software pulsa elektrik murah 1 jutaan --> Software Pulsa Murah

Software Pulsa murah & jasa pembuatan server pulsa elektrik --> Software Pulsa

Pusat informasi pendidikan indonesia --> Info Pendidikan

Pusat deposit pulsa elektrik murah --> Bisnis Pulsa Murah

Pusat pulsa elektrik murah stok nasional --> Pulsa Elektrik Murah

Jual alat server pulsa murah lengkap --> Alat Server Pulsa

Pulsa murah 1 chip all operator --> Pulsa Murah

Terima kasih banyak, salam sukses...

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More